Generator Sinkron AC

Generator sinkron adalah mesin listrik AC yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik AC

Cara Generator Sinkron bekerja


dari gambar diatas (atas garis putus-putus) ; Arus DC masuk melalui kumparan rotor melalui brush, slip ring dan sikat. Adanya arus (I) dan jumlah lilitan (N) menghasilkan gaya magnetik (Fm), sedangkan karena adanya reluktansi rangkaian magnet menghasilkan fluks magnet (garis putus-putus gambar bawah) ketika rotor berputar, gaya magnetik juga berputar dan jalur fluks terbentuk.

(gambar bawah)Ketika fluks magnet ϕ memotong rangkaian magnetik dengan luas penampang A, maka kepadatan fluks B dapat dinyatakan sebagai berikut:
B=ϕ/A  (3)

(Gambar atas) juga menunjukkan stator dengan lilitan tunggal sepanjang l. Ketika rotor berputar, fluks magnet rotor akan memotong lilitan stator dengan kecepatan v, sehingga electromotive force (emf) eind akan muncul, sesuai dengan persamaan:
eind =(v x B) . l  (4)

Dengan arah yang sesuai dengan aturan tangan kanan ditunjukkan oleh (gambar atas) di atas. Melalui penurunan matematis secara lanjut akan dihasilkan persamaan tegangan rms pada stator sebagai berikut:
eind =kϕω  (5)

(Gambar bawah )menunjukkan bahwa ketika medan magnet berotasi, kepadatan fluks pada lilitan stator berubah. Ketika pole berhadapan dengan lilitan, kepadatan fluks celah udara B pada kondisi ini bernilai paling tinggi, dan akan bernilai nol ketika pole berada sejauh 90o dari lilitan. Oleh karena itu, besar emfinduksi atau tegangan V akan bervariasi terhadap waktu sesuai dengan variasi kepadatan fluks di sekitar rotor.
http://kurniawanpramana.wordpress.com/2011/09/25/generator-sinkron-1/

Prinsip Kerja Generator Sinkron

Medan magnet bisa dihasilkan oleh kumparan yang dialiri arus DC (magnet tetap), pada generator medan magnet diletakkan pada stator yang disebut generator kutub eksternal dimana energi listrik dibangkitkan oleh kumparan rotor, karena hal ini timbul kerusakan pada slip ring dan karbon sikat yang mengakibatkan masalah pada pembangkit daya tinggi.

Untuk mengatasi masalah pada pembangkit daya tinggi digunakan generator tipe internal dimana medan magnet dari rotor dan energi listrik AC dari stator, energi listrik/ tegangan yang dihasilkan AC jika rapat fluks magnet pada celah udara terdistribusi AC dan rotor berputar dengan kecepatan konstan. 

note ; Jika sebuah kumparan diputar pada kecepatan konstan pada medan 
           magnethomogen, maka akan terinduksi tegangan sinusoidal pada 
           kumparan tersebut.

http://ujangaja.wordpress.com/2008/03/30/generator-sinkron/

2 komentar: